PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA APOTEK BINTANG TIMUR MATANGGLUMPANGDUA KABUPATEN BIREUEN

Dr. M. Yusuf S.Pdi, MM

Sari


Globalisasi yang terjadi tahun 2013 hingga kini, membuat kompetisi di dunia bisnis semakin ketat. Produsen dituntut memberikan sesuatu yang lebih terhadap produk-poduknya kepada pelanggan agar pelanggan tersebut tertarik untuk tetap loyal terhadap produknya. Ada bebe-rapa alasan pelanggan loyal terhadap suatu produk, salah satunya adalah kepuasan pelanggan, di mana kepuasan pelanggan adalah tingkat di mana anggapan terhadap produk sesuai dengan harapan seorang pembeli. Harapan pelanggan umumnya keyakinan pelanggan tentang apa yang akan diterimanya bila ia membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Dan salah satu penyebab konsumen merasa puas dalam berkangganan di suatu subjek adalah faktor pelayanan yang di-berikan produsen, dan dirasakan oleh konsumen. Pertumbuhan bisnis apotik dan atau toko obat berizin tercatat sebagai pertumbuhan yang tinggi di berbagai daerah, khusunya di negara berkembang.  Mengingat masyarkat dunia berkembang, masih tinggi tingkat penyakitnya, dan tidak jarang pula masyarakat enggan langsung ke doktor dalam penanganan penyakitnya.  Tujuan penelitian ini adalah mencoba menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan kasus pada Apotik Bintang Timur di kecamatan Peusangan kab. Bireuen.  Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari faktor pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y), dalam model regresi : Y= 15.715 + 0.535 X.

 

Kata Kunci:  Pelayanan, Kepuasan Konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryani, Dwi dan Febrina, Rosinta. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggann Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi.

Bandu, Muh Yunus. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN Persero Rayon Makassar Barat. Makassar: Univ. Hasanuddin.

Ghozali, Imam. (2009). Metode Riset Pema-saran.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller, (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Cetakan keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Mardalis. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Narimawati, Umi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Ganesha.

Rangkuti, Freddy. (2009). Measuring Cus-tomer Satisfication: Gaining Customer and Relationship Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Peri-laku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2008). Prinsip Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Umar, Husein. (2008). Riset SumberDaya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan kedelapan. Jakarta: PT.Raja Gramedia Persada Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.